Profile & Advantages – Pulau Bintan


Kemarin sempet ada tugas kantor riset Pulau Bintan, dan rasanya #dibuangsayang kalau tidak di share lagi datanya. Soalnya, ternyata di pulau ini memang banyak banget yang bisa di-eksplor. Tapi sepertinya lebih untuk bisnis karena terdapat banyak sekali resort jika kita mencarinya lewat Google. Berikut ini profil dan keunggulan yang dimiliki Pulau Bintan.

Profile

Luas Pulau: 1,030 sq km (50 km southeast of Singapore)

Populasi Penduduk : 300.000

Iklim: Tropis dan lembah, 24-31C

Bandar Udara: Kijang Airport

Timezone: +7jam waktu GMT, -1jam waktu Singapore

Strategic Location

Pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, dimana terdapat kota Tanjung Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau yang lokasinya strategis, hampir 3.000 pulau besar dan kecilnya, terbentang di seberang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Pulau ini juga melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Secara strategis, Pulau Bintan terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka, kepulauan Riau,

Though History

Pada abad pertama masehi, merupakan tempat favorit bagi kapal dagang India dan Cina. Tidak heran lagi, pada abad ke-18, pedagang dari Eropa, Portugis, Belanda dan Inggris  memperebutkan pulau ini. 

Pada waktu itu, pulau ini bagian dari Semenanjung Melayu dikuasai oleh Kesultanan Johor-Riau, yang diduduki secara berganti antara Johor – berada di Malaysia saat ini – dan pulau Bintan, berada di Indonesia saat ini.

Pada 1884 Inggris dan Belanda menutup pertentangan mereka di pulau Bintan dengan menandatangani Treaty of London.

Variety Travel Objects

Pulau Bintan memiliki beragam objek wisata yang sangat lengkap, maka Pulau ini seringkali disebut Bali-nya Riau.

Pantai

Pantai di Pulau Bintan terkenal dengan pasir putihnya yang sangat halus dan berwarna putih bersih. Selain itu lanskap pantai yang dikelilingi hutan yang masih alami, juga batu-batu besar yang cantik.

Olahraga Air

Angin dan ombak terutama saat bulan-bulan di akhir tahun membuat perairan di sekitar Pulau Bintan cocok untuk surfing, kayaking, mengendarai banana boat dan papan seluncur yang menjadi olahraga air favorit di sini.

Bawah Laut

Pulau ini memiliki kehidupan laut yang kaya, serta beragam lokasi menyelam yang memukau. Tidak jauh dari garis pantai sebelah utara, terdapat ngarai kecil sedalam 8 meter dengan dasar yang rata, sangat cocok untuk yang baru pertama kali belajar scuba diving. Tempat unik lainnya adalah lokasi kapal karam, dimana terdapat sisa-sisa kapal tanker tua yang karam bertahun-tahun lalu di kedalaman laut sekitar Bintan.

Ekowisata

Tur Mangrove, melihat penangkaran kura-kura dan terumbu karang adalah hal-hal yang menjadi daya tarik ekowisata di pulau-puau kecil di Pulau Bintan. Mengikuti tur untuk melihat habitat laut seperti monyet, ikan, lobster, berang-berang, dan ular juga bisa dilengkapi dengan mengunjungi Desa Orang Laut, bahkan tur malam hari untuk melihat kunang-kunang.

Golf

Mencicipi bermain golf di Pulau Bintan adalah salah satu kegiatan wajib coba di pulau ini. Dengan lanskap rumput hijau yang subur, tentunya dengan view pantai dan laut biru yang indah, dijamin bermain golf di sini adalah pengalaman yang belum pernah dicoba dimanapun.

Kuliner

Seafood adalah makanan spesial pulau Riau. Coba makanan “Gonggong” siput laut yang hanya ditemukan disekitar pulau Bintan dan Batam. Cicipi juga otak-otak “Sotong”, hewan laut sejenis cumi-cumi dengan warna badan putih bening dan mata hijau.

Karena saya sendiri belum pernah ke sana, maka foto-fotonya bisa dilihat di situs ini:

http://outforvacation.com/place/beach/enchanting-honeymoon-in-bintan-island-riau.html/attachment/bintan-island-beach

Leave a Reply