Short Trip to The Star.

Pagi itu kami berangkat pagi sekali. Berjalan kaki keluar rumah, berlari menuju angkot yang menunggu, terkantuk-kantuk menuju terminal bus kemudian melanjutkan perjalanan ke Bandung yang kemudian berujung panjang meraba Lembang.

Observatorium Boscha adalah tujuan kami, saya dan travelmate saya saat itu yang saya panggil akrab dengan nama Aip. Cuaca masih sangat sejuk menuju mendung saat kami tiba dengan bekal bertanya-tanya, menaiki angkot sebesar elf dan disambung ojek.

Saya tertular. Menikmati semua hal tentang antariksa, bintang, dan perjalanan ke Bulan yang misterius itu. Aip banyak cerita dan semua hal yang disampaikannya menarik. Maka perjalanan ini saya sebut short trip to the star. Karena meski tidak bertatap muka atau sekadar mengintip bintang sebenarnya, saya merasa sudah cukup dekat dengan benda angkasa itu. Benda angkasa yang butuh jutaan tahun cahaya untuk menyampaikan sinarnya hingga bisa dilihat mata manusia.

Ya, bintang butuh banyak waktu untuk menyampaikan pesan ke Bumi kalau mereka ada, kalau mereka eksis. Ironis. 

Entah kenapa saya tidak suka pernyataan barusan, menurut saya pahit. Jika di-analogikan dengan kisah hubungan antar-manusia secara harafiah. Ketika ada hubungan yang tadinya tidak ada, lalu menjadi ada, dan butuh waktu yang lama untuk sama-sama saling sadar tentang keberadaan hubungan itu rasanya ironis.

Karena ketika waktu yang lama itu bisa lenyap tersapu waktu atau moment yang lain, bukan tidak mungkin hubungan itu juga menghilang. Lenyap ditelan waktu. 

Lalu biasanya manusia tersadar memiliki sesuatu justru ketika mereka kehilangan.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman atau orang (yang pernah) memiliki hubungan dekat dengan saya, namun kini mulai menghilang. 

I know that everything’s changing, so do I. What comes around goes around, dan apapun itu perumpamaan populer soal perubahan dan kehilangan.

Terima kasih ya sudah pernah menjadi ada dari tiada, di hidup saya. Enjoy your life now, and yes I miss you so!

There are places I remember 
All my life, though some have changed 
Some forever not for better 
Some have gone and some remain 
All these places have their moments 
With lovers and friends I still can recall 
Some are dead and some are living 
In my life I’ve loved them all.

In my life – The Beatles

Travelers note:

https://notes.urbanesia.com/p/bosscha-trip-singkat-ke-luar-angkasa/

http://www.youtube.com/watch?v=d_70Wzkfrns

Leave a Reply