#treksharing – Floating on Natuna

Hei!

Terima kasih banyak sebelumnya untuk mas  yang sudah dua kali sharing cerita berupa foto-foto dari hasil tripnya yang (kayaknya) sudah banyak banget! :))

Kali ini tentang kawasan wisata alam yang bernama catchy, Natuna. Terletak di Kepulauan Riau, Kabupaten ini ternyata memiliki batas wilayah yang cukup mencengangkan saya. Mengintip dari beberapa sumber dari Google:

di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi, di bagian barat dengan Singapura, Malaysia, Riau dan di bagian timur dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat. Natuna berada pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea danTaiwan.

Voilaa! What an area! 

Beruntungnya, mas Sony yang pernah ‘mengapung’ di Natuna, dan inilah foto-foto dan caption yang beliau kirimkan pada saya beberapa waktu lalu untuk dibagi di Travelmulu.

Pada caption, saya juga memasukkan komentar berupa cerita dan pandangan saya tentang tempat/view/hal serupa di wilayah berbeda yang pernah/akan saya kunjungi. Semoga infonya semakin berguna!

image

Masjid Agung Natuna, Masjid yang megah dengan latar belakang Gunung Ranai. Di sekitar masjid yang diresmikan pada tahun 2009 terdapat perkantoran pemerintah Kabupaten Natuna.

Saya suka sekali tempat ibadah! Karena saya muslim, mengunjungi Masjid setempat saat traveling rasanya menjadi keharusan. Tentu saja, mengintip tempat ibadah agama lain juga sangat menarik dan menjadi ide bagus untuk diselipkan di itinerary. Catatan pentingnya, hormati semua aturan pada tempat ibadah. Kenakan outfit yang sopan dan jangan membuat kegaduhan, dan tetap menjaga attitude. Masjid favorit saya sejauh ini adalah Masjid Terapung, Losari, Makassar dan Masjid Sultan di Singapura.

image

Bukit Senubing, di bukit ini banyak ditemui batu-batu berukuran besar. Dari Bukit Senubing mata anda akan dimanjakan panorama pantai dengan batu-batu besarnya, birunya air laut, dan Pulau Senoa dengan pasir putihnya.

Tempat ini mengingatkan saya dengan bebatuan di film Laskar Pelangi, Belitong, bagian Timur Sumatera berdekatan dengan Sumatera Selatan. Saya belum pernah ke sana, dan menikmati bukit yang langsung mencium bibir pantai seperti juga di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat. Doakan saya sampai ke Barat dan Timur Indonesia ya! 🙂

image

Batu Rusia, sebuah batu besar yang terdapat lambang jangkar dengan bintang di atasnya dan tulisan USSR. Sejarah batu besar ini pada dahulu merupakan tempat awak kapal Rusia menunggu bantuan karena kapal mereka yang membawa 40 awak kapal dan 3 orang wanita kandas di perairan dekat Pulau Senoa. Karena bantuan tidak kunjung datang akhirnya mereka memahat lambang jangkar dengan bintang di atasnya dan tulisan USSR pada batu besar ini.

Saya suka sekali dengan simbol ini, jangkar. Semenjak jatuh cinta dengan dunia traveling, bagi saya semua perjalanan, jarak dekat atau jauh, berlayar, terbang, trekking, darat, laut, sungai, udara, adalah cara berpindah yang sama menyenangkannya. Apa jenis perjalanan favoritmu?

image

Tari Hadrah, salah satu tarian tradisional di Natuna.

Pertunjukkan tradisional di daerah asal adalah hal yang mulai sangat jarang kita bisa temui dengan mudah di Indonesia. Tempat lain, selain Bali, mungkin akan mengadakan pertunjukkan saat ada pagelaran budaya tahunan, atau hari penting keraton setempat, atau bila ada tamu penting dan rombongan yang datang. Mungkin, yang masih bisa kita temui secara rutin dan mengadakan pagelaran secara komersil dengan tiket masuk, contohnya Tari Kecak di Uluwatu, Bali. 

image

Pantai Tanjung Sepampang.

Pantai ini sangat bagus sekali! Jika kamu berpikir pantai indah seperti ini hanya ada di luar negeri, kamu salah. Mulailah mengulik Indonesia dan temukan surga tersembunyi seperti ini. Sejauh ini pantai terbagus untuk saya di Indonesia, adalah Samalona, Sulawesi Selatan.

image

Pantai Sejubah, pantai dengan batu-batu megalith besar. 

Indonesia punya banyak sekali jenis pantai dari karakter dan tekstur pasir juga warna air yang bisa dibedakan oleh orang awam, termasuk saya. Menurut pengamatan sederhana saya, pantai di Jawa biasanya berupa pantai berombak dengan view laut lepas yang luas, banyak karang, berpasir abu-abu atau cokelat halus. Berbeda dengan di Sumatera, dimana kita bisa melihat bukit-bukit bahkan gunung sejauh mata melihat ke arah laut dari lepas pantai. Banyak batu besar dan pasirnya bisa sangat putih dan halus.

image

Sunrise di Pantai Kencana atau lebih dikenal dengan Pantai Stress.

Matahari selalu menjadi objek istimewa bagi traveler. Saya pribadi belum menemukan sunrise yang sempurna, yang saya incar di Candi Borobudur sambil yoga pagi, atau ada rekomendasi di pantai-pantai di Aceh yang saya tidak sabar untuk kunjungi. 

Itu dia kompilasi cerita dari sharing Natuna oleh mas Sony dan pengalaman juga komentar dari saya pribadi. Senang sekali jika ada yang mau berbagi cerita dan materi travelingnya di Travelmulu yang akan saya rangkum dalam tagar #treksharing dan didedikasikan dari kalian untuk kalian, teman-teman penikmat traveling. Semoga suatu hari bisa traveling bareng ya! Keep be smart traveler*!

teks: nda & @Sonyalonso | foto: @Sonyalonso 

Traveler’s note:

#treksharing lainnya dari mas @Sonyalonso 🙂

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply