Mengintip di Balik Kota Udang

Kalau pepatah bilang ‘ada udang di balik batu’, itu jelas nggak ada hubungannya dengan kota udang ini. Cirebon punya lima alasan menarik kenapa kita harus berkunjung ke sana.

Apa yang Urbanesian ketahui tentang kota ini? Mungkin beberapa sejarah lokal yang terkenal belum cukup menarik perhatian Urbanesian untuk memutuskan berwisata ke sana. Salah satu kota di provinsi Jawa Barat ini memang berada di pesisir utara Jawa atau yang dikenal dengan jalur Pantura penghubung Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Maka nggak heran jika udaranya gersang apalagi jika musim panas datang.

Tapi tunggu dulu. Lima alasan berikut ini mungkin bisa Urbanesian pertimbangkan untuk memutuskan singgah ke sana. Masyrakatnya yang ramah menyimpan bukan hanya senyum tulus, tapi juga budaya bernilai tinggi, dan rahasia resep kuliner yang istimewa.

Menikmati Nasi Jamblang dan Empal Gentong

Dari deretan menu makanan berat lezat yang Cirebon punya, dua nama ini paling populer. Disebut juga Sega Jamblang (Sega = Nasi), adalah menu prasmanan all you can eat kebanggaan Cirebon! Nasinya dibungkus oleh daun jati dan lauk pauknya yang sedap, seperti tahu, tempe, perkedel, paru, dan ikan asin yang digoreng garing, semur, sambal goreng ati, dan banyak lagi jenisnya dijejerkan untuk bebas dipilih pembeli.

Satu lagi menu wajib coba, Empal Gentong. Makanan sejenis gulai ini memang dimasak di dalam gentong besar yang selalu bisa Urbanasian temui di tempat yang menjualnya. Isinya iso (usus besar),  babat, atau daging sapi. Disajikan dengan taburan daun Kucai dan cabai bubuk yang membuatnya terasa spicy.

 

Cicipi Tahu Gejrot dan Aneka Cemilan Khas

Selain makanan berat, Cirebon juga punya aneka cemilan yang memiliki rasa unik dan patut dicoba. Ada tahu gejrot asli Cirebon yang segar yaitu sensasi campuran rasa manis, asam, dan pedas.

Cicipi juga kue kering yang siap dijadikan oleh-oleh, seperti kerupuk kulit kerbau yang asin dan sangat gurih (ukurannya besar-besar dan berwarna cokelat kehitaman), kerupuk melarat (disebut melarat karena seperti orang susah menggoreng di atas pasir panas bukan minyak goreng), sampai rengginang dan emping mini dengan pilihan rasa manis atau asin. Crunchy!

 

Uniknya Belanja Batik Trusmi

Cirebon juga memiliki Desa Trusmi yang terkenal dengan hasil kerajinan sekitar 3000 warganya dalam membuat Batik. Coraknya yang sangat khas, seperti salah satunya Mega Mendung adalah favorit bukan hanya turis lokal, tapi juga pelacong dari Jepang, Amerika, dan Australia.

Ada beragam toko di desa ini, Urbanesian bisa memasukinya satu per satu dan melihat (juga) beragamnya harga batik ini. Ada yang sangat terjangkau, dan ada juga yang desainnya sangat memukau sehingga harganya bisa ikut tinggi. Jenis produknya mulai dari kemeja, rok, blouse, kaos, sampai aksesoris seperti kantong, tas, sandal, semuanya lengkap!

Tergoda Cantiknya Furnitur Rotan

Rotan tidak asal tumbuh di semua Negara. Beruntungnya Pulau Kalimantan dan Sumatera menjadi tempat dimana rotan mau tumbuh, selain di  Thailand dan Semenanjung Malaya. Cirebon merupakan salah satu kabupaten pengrajin rotan terbesar di Indonesia.

Sentra pengolahan rotan di Cirebon tersebar di enam kecamatan, antara lain Plered, Plumbon, Sumber, Depok, Palimanan, dan yang paling terkenal adalah Weru, Desa Tegalwangi. Produknya dijamin bisa memikat hati. Serat rotan yang khas dibentuk menjadi furnitur yang cantik untuk mengisi hunian.

 

Mengenal Empat Keraton Kebanggaan

Cirebon bukan hanya punya satu atau dua, tapi empat keraton sekaligus di dalam kotanya, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Keprabonan.

Semuanya jelas memiliki sejarah yang kaya, dan keempat areanya memiliki arsitektur gabungan dari elemen kebudayaan Islam, Cina, dan Belanda. Ciri khas bangunan keraton selalu menghadap ke utara dan terdapat masjid di dekatnya. Setiap keraton juga biasanya  mempunyai alun-alun sebagai tempat berkumpul, dekat dengan pasar, dan memiliki taman dengan patung macan. Benar-benar peninggalan budaya yang menarik untuk dikulik dan dikenal lebih dekat!

Inilah lima alasan menarik tentang Cirebon. Mengenal Indonesia lewat kota-kota penuh budaya di dalamnya adalah salah satu cara menanam rasa cinta tanah air yang paling efektif untuk Urbanesian coba. Selamat berjelajah!

Sumber foto:

farm6.staticflickr.com

www.gedoor.com

www.bisnis-jabar.com

aerobozt.deviantart.com

*Traveler’s note:

Artikel ini sudah terbit di Urbanesia pada Maret 2013

HAPPY SMART TRAVELING*!

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply