Hidden Paradise Near Jakarta

image

Kondisi cuaca memang sedang tidak menentu. Bagi kamu yang punya rencana bepergian jauh, lewat jalur udara atau laut, sebaiknya tahan dulu. Liburan jauh pun bukan saat yang tepat untuk dilakukan. Tapi bukan berarti tidak bisa diakali.

Short trip ke tempat-tempat dekat dengan Jakarta bisa jadi pilihan di akhir pekan, atau jika beruntung, mengambil jatah cuti meski hanya sehari. Berikut ini beberapa ide menemukan surga tersembunyi dekat dengan Ibukota lewat jalan darat.

Getting Cooler under Waterfall

image

Foto: Dokumentasi Penulis

image

Ada banyak pilihan air terjun besar maupun kecil di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat. Air terjun atau biasa disebut curug di daerah ini bisa jadi pilihan berwisata yang menyegarkan. Mendengar suara derasnya air terjun atau gemericik air terjun kecil yang bisa dinikmati sambil merendam kaki.

Jika mau memilih trekking yang tidak terlalu sulit dan sudah ada jalan setapak untuk menyusurinya, kamu bisa memilih curug di kawasan taman wisata, seperti Wana Wisata Curug Cilember di Cisarua, Bogor. Sedangkan jika kamu menyukai tantangan dan memicu adrenalin, bisa memilih Curug Naga di daerah Megamengung. Ada beberapa pilihan curug dengan tingkat kesulitan trekking yang berbeda dan tentunya dengan sensasi view yang berbeda juga.

Kamu juga bisa merasakan melompat dari ketinggian 4-5 meter untuk menyusur sungai dengan pelampung dan harus ditemani guide. Ketinggian air terjun dan debit air yang deras menambah keseruan menikmati surga tersembunyi ini. Kisaran harga masuk curug-curug ini dengan guide dan pelampung adalah Rp5.000,00 sampai Rp35.000,00.

Meet Sunshines in The Beach

image

Foto: Dokumentasi Penulis

image

Jika menyebrang ke Kepulauan Seribu masih belum memungkinkan pada kondisi cuaca seperti sekarang, mari menuju tepi darat di sisi lainnya, menuju Serang dan menepi di Anyer. Jika sudah pernah menginap di Anyer atau Carita, coba terus menelusur sampai menemukan pantai-pantai indah di kawasan Pantai Karangbolong.

Pilih lahan yang banyak tersedia untuk disinggahi, seperti salah satunya Pantai Bulakan yang menyediakan bungalow mungil untuk sekadar rebahan beristirahat, ayunan-ayunan kayu pada pohon-pohon rindang, dan bisa memarkir mobil sampai dekat dengan pasir dan langsung bisa turun bermain air. 

Air di pagi hari sangat tenang dan jernih, sedangkan sore hari menjelang malam akan surut dan terlihat karang-karangnya. Pasir putih halusnya ada juga yang bercampur rumah-rumah kerang. Masuk area lahan yang ada perawatnya biasanya hanya membayar uang kebersihan sekitar Rp20.000,00-Rp50.000,00.

Make A Friend with Forest 

image

Foto: Dita K.

image

Jika sudah puas bermain air di bawah air terjun atau berjemur di pantai, kegiatan camping di kawasan Gunung Pancar, Sentul ini bisa jadi pilihan istirahat di tengah hutan yang tenang. Banyak yang ditawarkan kawasan wisata ini, salah satunya yang menarik adalah Glamping atau Glamour camping.

Ini adalah cara camping jenis baru yang ditawarkan di sana, dimana kamu bisa merasakan tenda yang fasilitasnya cukup lengkap seperti kasur, listrik, bahkan juga ada fasilitas toilet. Terdapat fasilitas pemanggang untuk bakar-bakaran dan juga api unggun sehingga tidak kehilangan sensasi camping di hutan yang sebenarnya.

Kisaran harga masuk kawasan wisata ini hanya Rp5.000,00 dan untuk fasilitas Glamping ini adalah sekitar Rp280.000,00-Rp350.000,00 untuk info lengkapnya bisa membuka website gunungpancar.com.

Traveler’s note:

Tulisan ini sudah pernah terbit di urbanesia.com 2013.

Baca juga: Escape from town, traffic jam, and for me, from too much beaches!

Keep up your smart traveling*!

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply