#MEREMAS: Camping, gig, workshop, FUN!

Akhir pekan di Bali jangan khawatir tidak banyak pilihan. Beragam! Dari menikmati budaya, kuliner, sampai, tentu saja, pantai yang jadi primadona. Tapi kali ini ada acara yang merangkum beberapa kegiatan anti-mainstream (baca: bukan sekadar main di pantai, makan enak, atau ke klub malam), melainkan outdoor activity yang diadakannya pun jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Melancaran sareng MasBrooo (Bahasa Bali, artinya jalan-jalan bareng MasBrooo), yang kemudian disingkat dengan catchy sebagai MEREMAS, menjadi nama acara yang dihelat Sabtu-Minggu (18-19/1/2014) lalu. Akhir pekan segelintir anak-anak muda Bali (yang cukup beruntung berhasil mendapat tiketnya!) pun makin beragam. Diboyong Sabtu pagi empat jam dengan bus menuju Jembrana, sebuah daerah teduh di Barat Bali yang masih jauh dari jamahan turis lokal maupun mancanegara.

MasBrooo sendiri adalah sebuah media yang menjadi wadah kreativitas anak-anak muda Bali dengan gaya bahasa dan tampilan segar, nyeleneh tapi memiliki selera yang tidak kalah kelasnya dengan media sejenis di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Acara yang menjanjikan ‘camping vibe’ secara modern ini sukses memadatkan rundown MEREMAS dengan senyum puas yang dibawa pulang 45 pesertanya. Jelas saja, serangkaian acara menarik yang bukan hanya menyenangkan, tapi juga berguna bagi peserta dengan apik disusun padat oleh panitia.

Malam pertama di area camping, peserta disuguhkan mini gig dengan line up yang membawa  aneka genre ke venue di tengah alam terbuka itu. Agha Praditya (vokalis ROLLFAST) membawa atmosfer folks ditemani gitar akustiknya. Entah kenapa venue sederhana di bawah pendopo terbuka yang dikelilingi tenda peserta itu menjadi sangat syahdu, mungkin karena dukungan lighting dan video mapping yang sudah disiapkan panitia.

Acara pun dilanjutkan dengan workshop tentang mobile photography, dan social media penyebar karya foto paling digandrungi di dunia, apalagi kalau bukan Instagram. Dua Instagram artist dari Bali pun diboyong untuk berbagi pengetahuan, juga tips dan trik memotret ala mereka. Tutde Darmawan (@blitutde) dan Arya Wira Sentosa (@aria_wibawa) asik bercerita lewat slide presentasi yang juga sudah mereka siapkan untuk peserta.

Setelah serius belajar Instagram, suasana kembali meriah karena Joker Jammin ‘memanaskan’ malam dengan lagu-lagu pop yang populer dari berbagai masa, dari Coldplay sampai Iwan Fals, song list yang mereka bawa terdengar seru dinyanyikan bersama semua peserta. Selanjutnya sebagai penutup malam itu, Pygmy Marmoset, duo ‘piknik’ akustik yang sedang hype di Bali memainkan lagu-lagu bertema alam yang menenangkan pendengarnya.

Seperti yang ditunggu-tunggu semua peserta, pagi hari yang cerah pun tiba. Peserta seperti tidak sabar mengaplikasikan pelajaran fotografi yang didapat di malam sebelumnya. Sambil didampingi ahlinya, Bendungan Palasari, danau, rerumputan hijau, pohon-pohon rindang, sapi, burung, serangga, dan hewan kecil lainnya, juga siluet bukit-bukit dan matahari terbit jadi objek foto yang diabadikan peserta pada Instagram dengan hash tag #MEREMAS yang bisa ditengok juga pada wesbite resmi masbrooo.com. 

Kejutan lain pun masih didapat peserta sampai akhir kegiatan, para pengisi gig semalam bermain bersama di tepi bendungan. Momen yang jarang terjadi, begitu syahdu dengan latar panorama alam yang memanjakan mata. Maka ketika waktu pulang tiba, para peserta #MEREMAS edisi pertama ini pun melontarkan harapan diadakannya lagi edisi-edisi berikutnya. Bagaimana, panitia?

Foto dan teks: Ananda Rasulia Wirawan

Tulisan ini dimuat di http://www.gigscorner.com/ pada 26/1/2014

Happy smart traveling*!

Baca juga:

Sebulan Pertama di Bali: Edisi Makan!

Sebulan Pertama di Bali: Edisi Pantai!

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply