Makan Murah Plus Plus di Bali

Pertanyaan seputar Bali selain pantai adalah soal makanan. Dimana makan murah, enak, tempatnya lucu dan cozy? Mari mengintip daftar berikut ini!

‘Murah’ itu sebenarnya terbilang relatif. Bagi saya sendiri, murah itu serba tergantung. Tergantung tempatnya enak atau nggak, tergantung porsinya banyak dan bisa buat berapa orang, tapi kalau tergantung rasa, nggak juga. Saya tipikal yang cuma tahu makanan enak dan enak banget. Hehehe…

Tapi nggak bisa dipungkiri, masalah makan dan minum jadi perhitungan serius juga saat menyusun itinerary dan budgeting trip atau liburan. Makanya, selain destinasi (yang biasanya pantai melulu) di Bali, teman-teman seringkali menanyakan soal kuliner, yang, murah tapi plus plus itu :))

Saya, ala-ala travelmulu mencoba menjawab tantangan ini dengan mendaftar dan mengelompokkan makan murah versi saya dengan plus plus sebagai berikut:

Warung Mak Beng, Sanur

Bisa dibilang ini favorit saya karena harga murahnya dilengkapi plus rasa yang enak banget, lokasi yang strategis, dan porsi yang mengenyangkan. Standar Porsi berisi Nasi putih, ikan goreng dan sup ikan dengan sayur seperti labu siam potongan besar-besar, juga sambal harganya Rp34.000. Bisa juga porsi setengahnya, Nasi putih dan pilih, ikan goreng atau sop ikan, harganya bisa separuhnya atau sekitar Rp20.000. Menu minumannya standar, es teh manis dan es jeruk seharga Rp4000-5000.

Lokasi: Pantai Matahari Terbit, Sanur. Dekat parkiran motor sebelum pantai penyebrangan ke Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Note: Mak Beng buka dari pagi sampai sore hari, saat jam makan siang biasanya mengantri duduk, tanpa waiting list, hanya berdiri saja di dekat bangku ‘inceran’ kita. Pembayarannya tidak bisa debit. Mak Beng bisa jadi pilihan sarapan jika ada rencana menyebrang ke Nusa Lembongan atau Nusa Ceningan dengan boat dari Sanur. Lihat itinerary-nya di sini.


Massimo, Sanur

Berkunjung ke daerah se-tropis Bali (baca: panas dan sangat cerah) menyantap es krim adalah pilihan cemilan yang sangat menarik. Kita bisa menikmati es krim di tepi pantai atau jalan-jalan kecil yang dipenuhi pertokoan sambil duduk-duduk di tepi jalan dan melihat turis lainnya lalu lalang. Massimo Gelato adalah salah satu favorit saya di Bali, karena banyak yang bilang ini es krim paling enak di Sanur, dan harganya murah. Satu scoop dibandrol Rp25.000, dua scoop Rp40.000 dan tiga scoop Rp55.000. Pilih dengan cone, cup atau sandwich. Yummy!

Lokasi: Jalan Danau Tamblingan, No,228, Sanur. Di tepi jalan sebelah kanan jika datang dari arah Pantai Segara, Sanur.

Note: Massimo ini sebenarnya restoran Italia yang juga terkenal dengan pizza tipis keringnya. Jika ingin makan malam di sini bisa masuk ke area restorannya, jika hanya ingin membeli es krim, ada tempat untuk duduk-duduk di dekat store-nya, atau di seberang jalan di depan pertokoan.


Angkringan Dua Djempol, Denpasar

Kalau namanya angkringan sudah bisa dipastikan harganya bisa bersahabat. Tapi angkringan ini bisa dibilang angkringan modern, bukan seperti di daerah Jawa pada umumnya, seperti di Jogja dan Solo. Angkringan ini menyediakan menu aneka sate yang bisa digoreng atau bakar, minuman lucu-lucu seperti aneka susu, dan cemilan roti bakar yang unik-unik. Favorit saya di sini bebek goreng garing dan bisa jadi pilihan nongkrong sampai tengah malam. Harganya mulai Rp2000 sampai Rp15.000-an.

Lokasi: Jalan Pb Sudimran, Sebelah LP3i Denpasar.

Note: Angkringan ini mulai buka dari sore, sekitar jam 6 atau 7 dan tutup sampai tengah malam. Kalau sudah kenyang makan malam, bisa lanjut ngopi-ngopi cantik sambil nyemil roti enak di Helo Cafe, tidak jauh dari angkringan ini.


Kopi Rakyat, Kuta

Kalau dengar nama daerah Kuta, mungkin langsung teringat Beachwalk, atau aneka restoran dan kafe di sepanjang jalan dan tepi pantai Kuta. Ternyata ada area bernama Jalan Dewi Sri yang diramaikan penjual makan yang beragam dan harganya terjangkau. Salah satu kafe yang ikonik dan cukup ramai di Instagram karena dekorasinya adalah Kopi Rakyat. Mural tokoh-tokoh politik yang populer di Indonesia jadi daya tarik pengunjungnya, selain kopi dan acara musik akustik yang rutin diadakan disana. Harga menunya masih terjangkau, kisaran Rp10.000 sampai Rp30.000.

dan plusnya bisa dapat tempat ngopi dan cozy dan ‘instagramable’.

Lokasi: Jalan Dewi Sri no.99, Kuta

Note: Area kedai kopi ini tidak menggunakan pendingin udara, lokasinya di tepi jalan dan terdapat plang yang cukup mudah ditemukan karena banyak terdapat tempat makan lainnya.


Five Monkeys, Legian

Harga burger di sini memang terbilang cukup lumayan, sekitar di atas Rp30.000. Tapi lihat dulu porsinya yang plus-plus: besar, dan mengenyangkan. Menu lainnya seperti kentang dengan bumbu dan daging, juga minuman dingin yang menurut saya cukup worth it jika merasa bingung ingin makan dimana saat berjalan kaki di sekitar Legian yang biasanya dipenuhi bar. Kedainya didekor cukup unik dan nge-pop, dengan ikon-ikon musik dunia Kurt Cobain dan Jim Morrison juga area makan yang cozy dengan smoking area dan area AC yang colorful dengan bean bag warna-warni dan kursi-kursi vintage.

Lokasi: Jalan Legian no.350, Kuta

Note: Jika membawa kendaraan, ada lahan parkir untuk umum tidak jauh dari tempat ini, setelah store Five Monkeys di sebelah kiri. Dengan membayar Rp10.000 (bukan per jam), kita bisa masuk langsung lewat pintu belakang Five Monkeys dari area parkir ini.


Buka Baju, Denpasar

Namanya yang unik adalah singkatan dari Gubuk Makan Bakso Keju yang menyediakan menu aneka bakso (kuah dan bakar) juga menu lain seperti siomay. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak, karena bisa memilih level pedas, seperti Buka Mulut (tidak pedas), Buka Kancing (sedang), dan Buka Baju (pedas). Harga menunya kisaran Rp15.000/5-7pcs untuk Bakso kuah (bakso campur, keju sapi/ayam/ikan) dan Rp2000-3000/pcs untuk bakso bakar. Tempatnya didesain bertema unfinished building yang modern dan catchy sebagai sebuah tempat makan bakso!

Lokasi: Jalan Marlboro Barat No.8x, Denpasar

Note: Pesan tingkat pedas sesuai level yang kamu bisa, tempat makan ini tidak berpendingin ruangan dan jangan lupa pesan nasi supaya tambah kenyang 🙂


Traveler’s note:

Daftar tempat makan murah lainnya yang patut dicoba:

-Pasar Malam Shindu, Sanur

-Warung Kecil, Sanur

-Helo Cafe, Denpasar

-Eco Beach House, Canggu

-Ayam Bakar Prambanan, Denpasar

-Nasi Pedas, Jalan Hang Tuah, Sanur

-Niang’s Combi, Teuku Umar, Denpasar

-Jebak (Jejak Bali Kuliner),Teuku Umar, Denpasar

-Foam Coffee & Coin Laundry, Jalan Merdeka, Denpasar

-Wings & Co, Jalan Dewi Sri, Kuta

Happy smart-traveling*!

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply