Bajo View: Penginapan Backpacker Paling Lucu di Labuan Bajo, Flores!

Pertama tahu ada Bajo View di Labuan Bajo, langsung tertarik banget sama konsep tendanya yang warna-warni, tempatnya yang punya view langsung ke Pelabuhan, bisa lihat perairan laut Flores, dan Kepulauan Komodo, plus, begitu tahu harganya yang murah banget, langsung nggak sabar pingin menginap di sini.

Harganya sekitar Rp120.000 untuk kamar yang letaknya di atas, atau Tent View (yang saya rekomendasikan) karena selain menurut review yang saya baca, kalau tenda area atas lebih adem (karena ada atapnya), juga tidak begitu berisik terdengar suara tamu di tenda lain, ternyata viewnya juga bagus banget, baik pagi saat sunrise juga sore hari menjelang sunset.

Kamar mandi yang pintunya warna-warni sederhana tapi bersih. Ada shower, gantungan, tempat sabun, meski tidak disediakan alat mandi ya. Ada juga wastafel di area luar kamar mandi dengan kaca bisa untuk sikat gigi dan cuci muka. Yang paling saya suka, jumlah kamar mandi dan wastafel cukup banyak, jadi nggak usah takut antri atau berebutan dengan tamu lainnya.

Kamar berupa tenda, yang orang-orang khawatirkan panas, buat saya pribadi justru adem banget karena kipas angin kecil yang ada tiap tenda cukup untuk mendinginkan tenda yang juga tidak terlalu luas itu. Apalagi kalau malam hari, tambah dingin lagi! Di dalam tiap tenda ada dua kasur dengan masing-masing bantal, satu kipas angin kecil, dua colokan dekat dengan kasur, dan gantungan baju yang semuanya meski serba minimalis, fungsional banget buat kebutuhan tamu. WiFinya juga cepat!

Harga kamar sepertinya berbeda 10-20 ribu Rupiah untuk area atas dan bawah. Sebenarnya harga sewa per tenda itu Rp220.000 untuk dua orang, dan jika sendirian harus mau berbagi dengan tamu lain dalam satu tenda. Tapi karena kemarin ketika saya datang tidak terlalu ramai, saya jadi dibolehkan satu tenda sendirian. Harga belum termasuk sarapan dan air minum. Tapi tenang, di area atas penginapan ada restaurant yang menyediakan makanan beragam menu masakan Itali (FYI: Owner Bajo View katanya orang Itali tapi pekerjanya orang-orang Flores asli), air mineral dingin (Rp5.000), dan kopi Flores (Rp15.000).

Lokasi Bajo View bisa diakses dari jalan depan melalui Jl. Soekarno Hatta (jalan utama di Labuan Bajo yang one way) yang berarti kita harus jalan menanjak atau bisa juga dari jalan belakang/atas yaitu Jl. Bukit Waringin yang berarti jalannya menurun menuju Bajo View.

Tidak begitu jauh dari mana-mana, kok. Dekat dengan akses ke pelabuhan (hanya 10 menit jalan kaki), dekat dengan bandara hanya 10 menit naik ojek (Rp20.000) atau mobil rental (Rp50.000), dekat juga dengan kafe-kafe dan restoran lucu Labuan Bajo, kantor-kantor agent trip & dive centre, laundry, dan toko oleh-oleh. 

Saya pribadi berkesan sekali menginap di sini, sampai nambah hari jadi tiga hari dua malam! Dengan catatan, perpanjang waktu menginap sebelum waktu check out terakhir yaitu jam 11 pagi. 

Foto-foto ini tanpa filter sama sekali. Semoga bisa memberi gambaran tentang Bajo View ya! Happy smart traveling*, yuk, visit Labuan Bajo!

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply