Menikmati Perjalanan Waktu Silam Melalui Teater Bunga Penutup Abad

image

Traveling without moving itu banyak caranya. Salah satunya menonton pertunjukan teater yang dikemas apik dari wardrobe, make up, dan tentunya pemain dan cerita yang kuat.

Senang sekali menjadi salah satu bloggers undangan untuk menonton Pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad dari Sariayu, pada pertunjukan gladi resik sekaligus press screening di Gedung Kesenian Jakarta,  Rabu, 24 Agustus 2016 lalu.

image

Pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad sendiri dibuka untuk umum pada 25-27 Agustus 2016. Sebuah  pertunjukan seni peran yang diselenggarakan oleh Titimangsa Foundation bekerja sama dengan Yayasan Titian Penerus Bangsa ini merupakan pertunjukan teater yang diadaptasi dari novel Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa karya penulis kenamaan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Pertunjukan teater inipun digelar dalam rangka memperingati 10 tahun meninggalnya sang penulis legendaris ini.

image

Pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad diperankan oleh nama-nama besar di dunia seni peran Indonesia seperti Happy Salma sebagai Nyai Ontosoroh, Reza Rahardian sebagai Minke, Chelsea Islan sebagai Annelies, Lukman Sardi sebagai Jean Marais dan aktor baru Sabia Arifin sebagai May Marais. Mereka semua berperan sangat profesional, selain karena berbakat, mereka benar-benar menyuguhkan seni peran yang dihayati dengan dalam, dan diekspresikan sesuai jalan cerita dengan porsinya masing-masing. Pas, tidak berlebihan, dan sampai kepada penonton dengan baik.

image

Foto oleh Tim Sariayu

Bagi saya pribadi yang cukup jarang menonton teater, lewat Pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad saya menikmati perjalanan waktu ke tanah Jawa pada zaman penjajahan Belanda, dimana issue SARA (Suku, Agama, Ras) dan kasta masih sangat terasa. Suasana zaman dulu yang kental, logat, tutur bahasa Indonesia yang masih sangat baik, saya dapati selama menonton pertunjukan teater yang terbilang cukup panjang durasinya ini, yaitu sekitar hampir tiga jam.

image

Foto oleh Tim Sariayu

Semua lini pendukung pementasan memang dikemas sangat apik, mulai dari ambience, dimana-mana tercium wangi minyak angin, properti dekorasi klasik seperti kursi, meja, lampu gantung, tempat tidur dengan kelambu, pemutar piringan hitam, juga wardrobe yang digunakan pemain, seperti Nyai Ontosoroh memakai kebaya, kain batik Jawa, Minke memakai jas dan dasi kupu-kupu, juga blangkon, dan Annelies denagn dress ala gadis Belanda, juga Jean Marais dengan setelan ala pelukis yang cuek, sangat seniman.

image

Foto oleh Tim Sariayu

Selain wardrobe, tentunya penampilan para pemain didukung make up yang profesional. Disinilah saya melihat peran Sariayu yang dipercaya menjadi official makeup partner dan mendukung pertunjukan Bunga Penutup Abad, diaplikasikan pada paras para pemain, terutama para pemain perempuan seperti Happy Salma yang cantik dengan wajah tegasnya, dan Chelsea Islan yang manis dengan wajah campuran negeri Barat.

image

Keterlibatan Sariayu ini, tidak terlepas dari misi ingin ikut mengapresiasi karya anak bangsa dan berperan aktif dalam pelestarian seni teater sebagai salah satu budaya Indonesia. Melalui peran serta ini, Sariayu juga berharap agar masyarakat Indonesia dapat lebih memaknai pertunjukan teater sebagai sebuah karya seni yang sarat akan nilai moral dalam kehidupan, yang semakin populer dan dapat diterima masyarakat, khususnya generasi muda.

Bangga bisa menjadi bagian dari kemajuan Seni Teater Indonesia dengan berpartisipasi menonton dan mengamati Pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad. Terima kasih Sariayu atas kesempatannya. Maju terus karya anak bangsa!

Keep do your smart traveling* and love Indonesia more!

Note: Terima kasih Sariayu atas undangan dan beauty box yang berisi produk Sariayu yang memang saya gunakan sehari-hari dan tentunya produk Sariayu Color Trend 2016 Inspirasi Krakatau yang juga menjadikan para pemain terlihat cantik pada Pertunjukan Teater Bunga Penutup Abad.

image
image

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply