5 Alasan Mengunjungi Lovina Festival 2016

image

Sedang berada di Bali long weekend (10-14 September 2016) ini? Ke Lovina saja!

Bali tidak pernah ada habisnya untuk dijelajah. Tapi bisa jadi, kamu juga bingung mana yang paling seru untuk dikunjungi liburan kali ini. Untuk yang sudah berada di Bali, maupun kamu yang sudah datang dari luar Pulau Bali untuk menikmati Pulau Dewata, yuk ke Lovina Festival di Bali Utara! Ini lima alasan serunya!

Lokasi Lovina yang Tenang

image

Jika bosan dengan keramaian dan pusat kota, melipir ke area Bali Utara memang pilihan tepat. Lovina terletak 10 km ke arah barat kota Singaraja, tepatnya di Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng. Memang, Lovina terbilang cukup jauh dari Bandara Ngurah Rai di Denpasar, sekitar 2-3 jam perjalanan dengan mobil. Tapi, ketenangan yang dijanjikan disini akan membayar perjalanan panjang yang medannya sudah bagus dan lalu lintasnya lancar tanpa macet.

Pantai Cantik itu Bernama Lovina

image

Bali memang identik dengan pantai. Beragam jenis pantai dengan karakteristiknya masing-masing menunggu untuk kamu kunjungi. Pantai Lovina adalah salah satu yang menurut saya cantik sekaligus unik. Pasirnya berwarna hitam, lautnya tenang, dan viewnya bukan hanya laut lepas tapi juga perbukitan yang sepertinya memeluknya jika dilihat dari pesisir pantai ke arah darat. Daya tarik utamanya adalah Dolphin Hunting atau melihat Lumba-lumba di pagi hari dengan jukung kayu. Jangan lupa juga snorkeling yang jadi kegiatan seru.

Objek Wisata Unik Sekitar Lovina

image
image
image

Selain wisata pantai, sebelum menikmati panti Lovina kita juga bisa mengunjungi objek wisata unik, seperti perkebunan anggur di sepanjang jalan milik petani lokal (Singaraja terkenal sebagai penghasil wine di Bali), Brahma Vihara Arama di desa Banjar yang semakin dikenal karena miniatur Borobudur yang menarik sebagai spot foto, Banjar hot spring jika ingin berendam air panas, dan banyak lagi objek desa, candi atau pura, dan tentunya hotel dan restoran yang tersedia di sepanjang jalan dengan beragam pilihan fasilitas.

Antusias Warga pada Lovina Festival yang Meriah

image
image
image
image

Antusias warga Bali, khususnya warga lokal sekitar Lovina, Singaraja, Buleleng memang sangat berpengaruh pada terselenggaranya acara seperti Lovina Festival ini. Benar saja, saat pembukaan Lovina Festival 2016 Sabtu, 10 September 2016, semua warga baik yang mengisi acara berupa Parade Budaya Darat dan Parade Budaya Laut dari berbagai desa, maupun warga yang hanya berkunjung dan menonton berbaur dengan turis asing dan lokal dari daerah lain sangat bersemangat membuka Festival ini di Pantai Binaria, Lovina. Momen ini tentunya adalah simbol semakin majunya pariwisata di Indonesia yang saling mendukung dari berbagai pihak untuk menyukseskan festival budaya daerah.

Serunya Rangkaian Acara Lovina Festival 2016

image

Setelah resmi dibuka pada Sabtu, 10 September 2016 dengan Pelepasan Tukik, Parade Budaya, Pertunjukan musik, dan sambutan dari Bupati Buleleng, Lovina Festival akan terus berlanjut selama lima hari sampai dengan hari Rabu, 14 September 2016. Hari kedua, Minggu 11 September 2016 akan ada acara Lovina Cycling Tour, dan Sampi Gerumbungan.

 Hari ketiga, Senin 12 September 2016 akan ada pertunjukan Gong Kebyar Wanita Kalibukbuk dan Bondres Sanggar Sunari Bajra. Hari keempat, Selasa 13 September 2016 akan ada Parade Megangsing, Gender Wayang Anak dan Angklung Kebyar. Hari terakhir, Rabu 14 September 2016 akan ada Lovina BMX Free Style dan Lovina Xtreme Rider dan Closing Ceremonial. Pada semua hari, ada pameran kuliner, pameran kerajinan, dan pertunjukan musik.

image

Nah, tunggu apa lagi? Rencanakan trip menuju Lovina. Nikmati Lovina Festival di tepi Laut Lovina sambil menunggu matahari terbenam. Jangan lupa juga jelajah pesona Lovina dan sekitarnya di Bali Utara. Selamat long weekend semua, happy smart traveling* ya!

Foto-foto: Ananda Rasulia

Travelmulu’s note:

Tulisan ini saya buat setelah mengikuti rangkaian Fam Trip Lovina Festival 2016 bersama bloggers Jakarta, Bandung dan Bali undangan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia 9-13 September 2106.

Read more:

Hidden Beauty Lovina: Enjoy Both Sunrise and Sunset!

Recommendation: 3 Days 2 Nights Itinerary to Lovina

Brahma Vihara Arama: Belajar Sejarah Agama Budha di Vihara Indah nan Instagrammable!

One Day Trip Nusa Penida: Kurang Puas!

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply