Tidung Festival 2017: Bergembira di Pulau Cantik, Nyaman, dan Ramah!

Beragam kegiatan menarik menjadi rangakaian acara Tidung Festival 2017. Dari festival budaya, kuliner, sampai penampilan artis ibukota. Kepulauan Seribu jelas menjadi destinasi menjanjikan untuk berwisata di Jakarta.

Akhir pekan saya kali ini agak sedikit berbeda. Sabtu pagi (19 Agustus 2017) saya bersama tim Kementrian Pariwisata Republik Indonesia menyebrang ke Kepulauan Seribu yang masih bagian dari Ibu Kota DKI Jakarta. Ini bukan kali pertama saya mengeksplor Kepulauan Seribu, tetapi ini adalah pengalaman pertama pergi ke Pulau Tidung yang namanya sudah sangat familiar dan paling populer ketika kata destinasi Pulau Seribu disebut. Ya, Jakarta boleh berbangga karena ternyata hanya Indonesia yang memiliki ibukota yang terdiri dari kepulauan! Serunya lagi, kali ini saya menghadiri perhelatan besar bertajuk Tidung Festival 2017 di area Jembatan Cinta, Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Panggung megah dan serunya pengisi acara

Begitu tiba di dermaga Pulau Tidung, saya dan rombongan berjalan tidak jauh untuk memasuki area Jembatan Cinta. Disana sudah berdiri panggung megah dan modern, bertuliskan Tidung Festival 2107 Pesona Bahari Kepulauan Seribu dan logo Pesona Indonesia dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Acara pun dimulai dengan beberapa sambutan di antaranya dari Bupati Kepulauan Seribu, Bapak Irmansyah, Pejabat Tinggi Kementrian Pariwisata RI, Bapak Hari Untoro Drajat yang mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya, Asisten Departemen Bidang Budaya Provinsi DKI Jakarta Bapak Usmayadi, serta Asisten Bidag Pariwisata Provinsi DKI Jakarta Bapak Eldi Andi.

Acara inipun resmi dibuka oleh Bupati Kepulauan Seribu, Bapak Irmansyah dengan memukul rebana secara simbolis yang juga didampingi para Abang None Kepulauan Seribu dari berbagai angkatan.

Festival budaya, seperti pertunjukkan tari daerah dari para pelajar meramaikan kegiatan di atas panggung. Para penari muda melenggak lenggok cantik membawakan tarian daerah yang menceritakan keberagaman suku di Kepulauan Seribu dan tentunya di Indonesia. 

Acara semakin seru saat terlihat banyak mahasiswa mancanegara bersama Abang None ikut menyumbang penampilan. Mereka bersama-sama menarikan tarian Betawi dan meramaikan suasana. 

Bagaimana tidak, para ‘bule’ yang berjumlah cukup banyak ini menari dengan baju adat Betawi menari dengan lincah dan semangat, sangat menarik perhatian!

Beragam perlombaan kreatif untuk warga

Warga Pulau Tidung yang ramah pun nampak sangat antusias dengan acara ini. Mereka berpartisipasi bukan hanya persiapan acara di panggung, tapi juga dengan menata pulau tempat tinggal mereka dengan menjaga kebersihan, kerapihan dan kenyamanannya. Sehingga pengunjung semakin senang berada di pulau kesayangan mereka.

Rangkaian kegiatan Tidung Festival 2017 yang mengasah kreativitas warga antara lain festival kuliner yang diikuti para Ibu-ibu menyediakan aneka makanan khas Pulau Tidung yang dijual di sekitar area panggung di Jembatan Cinta. Sedangkan untuk para Bapak-bapak, mereka nampak sibuk menghias kapal nelayan milik mereka dengan dekorasi bendera dan kertas warna-warni.

Warga juga semangat menghias homestay mereka dengan mural yang dicat semenarik mungkin. Untuk anak-anak ada festival permainan tradisional yang dilombakan, juga lomba digital media seperti vlog dan selfie dengan hashtag #TidungFestival2017.

Serunya penampilan artis Ibukota: Duo Mahadewi

Acara yang berlangsung sampai malam Minggu ini sukses mengumpulkan warga lokal pulau Tidung dan dari pulau lain di Kepulauan Seribu, para tamu undangan, dan wisatawan lokal maupun asing yang sengaja datang ke Pulau Tidung untuk berlibur. Semua nampak berbaur di depan panggung menikmati acara yang digelar ketiga kalinya ini dengan dukungan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia dan beberapa sponsor utama, seperti Bank Indonesia, Cat Avian dan JNE.

Awak media pun tidak mau ketinggalan mengabadikan gelaran unik yang digelar di sebuah pulau ini. Apalagi dimeriahkan oleh artis Duo Mahadewi yang menambah seru suasana Tidung Festival 2017. Acara ini diharapkan bisa berkesan bagi semua pengunjung dan menjadikan Pulau Tidung menjadi pilihan destinasi yang menjanjikan dan terus berkembang di DKI Jakarta, juga di Indonesia!

Kerja bakti untuk pulau dan penanaman mangrove

Keesokan harinya, Minggu pagi (20 Agustus 2017), kegiatan masih berlangsung yaitu apel pagi yang dipimpin langsung Bapak Bupati, sekaligus menghimbau untuk kerja bakti membersihkan pulau seusai acara besar kemarin malam.

Selain bersih-bersih, Tidung Festival 2017 juga mengajak para pengunjung dan semua pihak yang terkait acara ini untuk berterima kasih kembali pada alam yang telah memberikan kita semua banyak hal. Penanaman mangrove pun dilakukan oleh berbagai pihak, dari panitia, pengunjung mancanegara, dan para penduduk lokal Pulau Tidung agar lebih mencintai pulau mereka.

Kegiatan ini sangat berkesan bagi saya pribadi, karena menemukan satu lagi destinasi yang bisa menjadi pilihan short trip dekat dengan pusat kota Jakarta, yaitu Pulau Tidung,  Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau cantik dengan air laut biru tosca jernih, daratan pulau yang bersih dan rapi, dan warga yang ramah menambah nyaman berkunjung ke Pulau Tidung. Will come back soon! Happy smart traveling*!

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply