Tips Pintar ke Pulau Padar!

Tips Pintar ke Pulau Padar!

Masih dalam rangkaian perjalanan #petualanganalamkomodo bersama Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, saya masih punya banyak cerita untuk dibagi dan semoga bisa jadi inspirasi dan bekal semangat menjelajah Indonesia ya.

Nah, kali kedua ke Pulau Padar, saya jadi ingin berbagi info dan tips yang mudah-mudahan berguna kalau kalian mau mengunjungi salah satu spot terkece di Kepualuan Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia ini!

Sila disimak, selamat bertualang!

  1. Sekarang di Pulau Padar sudah ada dermaga, jadi tidak perlu basah-basahan lagi turun dari speed boat atau sekoci. Daaaan sudah ada anak tangga juga yang memudahkan kita sampai ke puncaknya. Jadi pasti bikin tambah semangat karena medannya jadi lebih mudah untuk trekking, meski jaraknya tetap sama ya. Hehehe.

  1. Best time visit ke Pulau Padar menurut saya adalah pagi hari (subuh) untuk menikmati trekking yang adem dan melihat sunrise. Bisa berangkat dari kapal jam 5 atau 6 pagi, jadi trekking ke atas kira-kira 1 jam bisa lebih sejuk, dan waktu foto-foto dan menikmati pemandangan di atas bisa lebih lama. Oh, iya kalau mau melihat sunrise lebih cantik lagi, bisa trekking lebih pagi lagi!

  1. Untuk trekking ke Pulau Padar, gunakan baju & alas kaki yang nyaman, bawa minum & cemilan (bawa pulang sampahnya ya), topi, kacamata hitam, karena tidak ada tempat berteduh dan satupun pohon rindang jika ingin beristirahat sebentar, tidak ada penjual kecuali buah kelapa di dekat dermaga.

  1. Fashion-police tips: pilih baju dengan warn cerah, atau ala-ala bergaya safari karena kita akan menaiki bukit super cantik dengan warna eksotik. Kalau kamu datang antara bulan April-Juli bisa mendapat view bukit hijau (jadi pilih baju warna kontras, seperti kuning atau merah). Kalau kamu datang akhir tahun seperti bulan Oktober – Desember bisa mendapat view bukit cokelat (jadi bisa pakai baju dengan warna-warna bumi atau tanah, atau biru yang cool).

  1. Fun-to-do tips: saat menanjak, sempatkan menengok ke belakang sejenak untuk menjadi penyemangat sampai di atas. Kadang kita semua butuh menengok sebentar untuk melanjutkan perjalanan, kan? Lalu, Voila! Lihat view di belakangmu yang super indah. Kalau sudah puas ambil nafas, mulai lanjutkan nanjak lagi ya. Dan jangan sampai mengganggu pengunjung di belakangmu yang antri mau lewat.

Meski butuh cukup perjuangan, trekking sampai puncak Padar direkomendasikan karena akan terbayar dengan view yang indah terhampar di depan mata kita. Semangat, semangat! Ditunggu di Pulau Padar ya!

Happy smart traveling*!

Baca juga:

#petualanganalamkomodo: Bangga Menjadi Saksi Pengembangan Wisata Komodo dan Labuan Bajo

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply