A Day at @rumah.monokrom with Yoforia: What to Do When I’m Not Traveling

I’m happy being a blogger and travel a lot. Now I’m pregnant and need to stay at home for months. Surprisingly, I’m happier!

Saya melakukan banyak perjalanan selama bertahun-tahun, mungkin semenjak awal saya lulus kuliah dan mulai bekerja. Kesempatan traveling itu datang ketika saya menjadi wartawan di majalah remaja HAI (Kompas Gramedia Majalah) dan dikirim liputan ke berbagai kota di Indonesia. Jiwa bertualang saya seperti muncul. Menyadarai bahwa betapa beruntungnya saya lahir dan tinggal di negeri sekaya Indonesia. Maka saya pun gemar menjelajah, sendiri, bersama teman, bersama orang baru, bersama keluarga, dan sekarang ditemani suami kesayangan.

Menikah pada 30 Juli 2017 lalu, saya dan suami saya @azharodhet juga sudah sering bepergian menikmati alam dan kota-kota indah di Indonesia. Bedanya dari jaman single dulu, kini kami pulang ke satu tujuan yang sama: rumah. Kami tinggal di sebuah rumah mungil di daerah Tangerang Selatan. Rumah mungil yang langsung kami huni sepulang dari acara resespi pernikahan kami. Rumah mungil yang kami namai @rumah.monokrom, karena bertema warna hitam-putih-abu-abu dimana kami percaya jiwa-jiwa di dalamnya-lah yang akan membuatnya lebih berwarna.

November 2017, ketika saat saya sedang dalam trip undangan Kementrian Pariwisata ke Flores, dan pulangnya sudah berencana liburan ke Lombok bersama suami, cerita lain mewarnai perjalanan kami. Gunung Agung erupsi, membatalkan itinerary, namun ternyata bayi mungil juga sedang tumbuh di dalam kandungan saya saat itu, dan sekarang (Maret 2018) sudah masuk hampir 5 bulan kehamilan. Kami jauh lebih bahagia dengan rencana Tuhan. Saya pun semakin banyak harus berada di rumah karena kondisi hamil muda yang masih mual dan rentan bepergian.

Dan voila! For you who asked, apa yang dilakukan travel blogger seperti saya saat tidak bepergian? Tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman pembaca, ibu-ibu muda yang juga sedang seru dengan kehamilannya, dan semua orang yang ingin hidup lebih baik, sehat, dan bahagia!

Writing

Write for life, life for write! Yap, saat ini profesi saya adalah Creative Writer atau penulis kreatif yang menulis berbagai jenis tulisan komersil untuk industri kreatif. Selain menjadi blogger, saya juga seorang copywriter dan scriptwriter yang menulis copy iklan komersil untuk berbagai brand, dan menulis skrip video iklan (kebanyakan saat ini untuk iklan di YouTube/Digital media). Saya bisa menulis dari mana saja. Bisa di coffee shop, bahkan saat traveling, atau saat ini senang sekali rasanya bisa bekerja dari rumah!

Home Decorating


Rumah mungil yang saya dan suami huni ini rasanya masih terlalu besar untuk kami berdua. Ada saja yang kurang rasanya untuk didekorasi. Saya penggemar benda-benda lucu yang saya temui saat traveling. Kalau orang biasanya bilang jangan membeli barang tapi momen saat bepergian, bagi saya barang sekecil dan semurah apapun bisa sangat berarti bagi saya untuk mengingat lagi tempat yang pernah saya datangi. Dan semuanya bisa menghiasi @rumah.monokrom kami!

Gardening

Taman mungil di belakang dan samping rumah sengaja kami buat untuk tetap memberi kesan segar pada rumah kami yang berdiri di area tropis alias panas, tidak sedingin di gunung atau perbukitan. Maka, kami ingin sekali bercocok tanam di rumah agar udara segar bisa tetap kami hirup, dan pemandangan hijau masih bisa kami nikmati meski sedang tidak traveling.

Playing with Baby in my Belly

Perut saya semakin hari semakin membesar. Rasanya menakjubkan melihat bayi kami tumbuh dalam rahim saya, semakin sehat dan kuat setiap harinya. Saya sudah membacakannya buku cerita sejak awal sekali kehamilan saya. Karena saya percaya, ia sudah bisa merasakan apa yang saya coba tanamkan padanya: hal-hal baik untuk hidupnya kelak. Suami saya juga selalu mengajak ngobrol buah hati kami sebelum berangkat bekerja. Yaaaa! Few months to go! Kami tidak sabar bertemu dengannya!

(Healthy) Snacking

Hamil itu berarti lapar terus! Semua ibu dan dokter kandungan pasti mengiyakan. Saya tipikal yang makan sedikit, tapi sering. Dan masih ada mual-mualnya hampir bulan kelima. Jadi saya sangat membutuhkan asupan makanan dan minuman yang sehat dan sering! Hehe… Yoforia adalah salah satu asupan favorit saya, bahkan sebelum saya hamil.

Yoforia – The next level yogurt – ini memang bukan minuman atau makanan biasa. Yogurt dengan rasa yang sangat enak, hadir dengan tiga varian; Peach Delight, Berry Smooth, dan yang paling unik Coffee Cream! Favorit saya Berry dan suami tentu saja Coffee. Ini jadi cemilan siang saya yang menyegarkan, menemani berbagai kegiatan seharian di rumah, dan teman sempurna untuk cemilan saya lainnya seperti buah-buahan, cereal, dan kacang-kacangan. Note: minum saat masih agak beku dari freezer benar-benar enaaaak!

Ternyata, setelah saya browsing, manfaat yogurt untuk kita, terutama untuk ibu hamil sangat banyak, lho! Manfaatnya yang menurut saya paling terasa antara lain, melancarkan BAB dan mencegah sembelit (keluhan yang sering dirasakan bumil, nih!),  mencegah kanker usus, meningkatkan daya tahan tubuh ibu hami,  menjadi sumber nutrisi sehat dan sumber energi dan bisa menjaga kebutuhan gizi janin. Tapi, apapun yang kita konsumsi jangan berlebihan ya! Untuk Yogurt, bagusnya maksimal 220 gram per hari (kalau saya minum Yoforia 1 cup setiap hari!).

That’s it, my activities at home when not traveling!

Tapi tetap kok, saya dan suami, juga bayi kami kelak akan selalu happy traveling menjelajah keindahan Indonesia, dan mudah-mudahan bisa keliling dunia ya! Aamiin 🙂

Keep your smart traveling* as always!

PS: this story is fully supported by @yoforiaid, our favorite healthy yogurt!

*smart-traveling is doing travel with full responsibility for everything you do to nature, local people, culture, and yourself during the trip.

Leave a Reply